slider top

[5] [true] [slider-top-big] [Slider Top]
You are here: Home / Komunitas Semut Ajak Masyarakat Basmi Ranjau Paku

Komunitas Semut Ajak Masyarakat Basmi Ranjau Paku

| No comment
JAKARTA - Tindak kejahatan di jalan raya memang bukan hanya sekedar pencurian, penodongan, dan  perampokan. Aksi tebar paku atau lebih dikenal ranjau paku juga harus menjadi perhatian.
Aksi kejahatan yang bertujuan menguntungkan oknum tukang tambal ban ini kerap merugikan para pengendara. Aksi sosial yang dilakukan komunitas pembasmi ranjau paku juga tidak sepenuhnya mampu membasmi hal tersebut.

Seperti diutarakan Ketua Semut Orange Community,  Johan P Tuilan alias Yossi, sejak 2012 ia membasmi ranjau paku di jalan raya kawasan Jakarta dan memiliki harapan bisa mensterilkan kawasan Jakarta dari ranjau paku.

"Harapan ke depan, untuk masalah paku ini kita harus disterilkan," katanya di Jalan KH Hasyim Ashari, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2014).

Namun, tak dipungkiri, Yossi bersama anggota komunitas Semut lainnya merasa kewalahan. Pasalnya, aksi ini tidak bisa hanya diatasi oleh segilintir orang melainkan harus ada peran serta berbagai pihak. "Kita enggak bisa tangani semua ranjau paku di Jakarta," tukasnya.

Peran pemerintah, aparat penegak hukum, dan masyarakat harus menjadi bagian dalam membasmi penebar ranjau paku. Untuk itu, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat agar turut serta bersama-sama membasmi ranjau paku di jalan.(ful)